Oleh: manarfa | 4 November 2009

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA INDONESIA

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA INDONESIA

Pengertian Ideologi

Pengertian Ideologi

Istilah ideologi pada umumnya dipakai untuk mencerminkan suatu pandangan hidup atau sikap mental. Secara spesifik ideologi biasa diartikan sebagai suatu perangkat pandangan serta sikap-sikap dan nilai-nilai atau suatu orientasi berpikir tentang manusia dan masyarakat. (TW. Adorno). Ideologi adalah gabungan antara pandangan hidup yang merupakan nilai –nilai yang telah mengkristal dari suatu bangsa serta Dasar Negara yang memiliki nilai-nilai falsafah yang menjadi pedoman hidup suatu bangsa. Oleh karena itu, pada hakekatnya idiologi merupakan hasil refleksi manusia berkat kemampuannya mengadakan distansi terhadap dunia kehidupannya. Maka terdapat suatu yang bersifat dialektis antara idiologi dengan masyarat negara.

Isi Ideologi.

Menurut LH. Garstin, (dalam Albert Widjaja, 1982) bahwa isi daripada suatu ideologi umumnya memuat komponen-komponen antara lain

q Suatu pola pemikiran atau falsafah tentang alam semesta, seperti kegaiban hidup, pacuan sejarah dan nasib manusia

q Suatu gagasan tentang makna hidup di dunia, atau analisis tentang kondisi kehidupan manusia masa kini menurut pandangan falsafah tersebut.

q Suatu pengharapan yang terumus pada tujuan hidup atau “proyeksi tentang masa depan”.

q Suatu minat tentang peranan manusia dalam mencapai tujuan tersebut; atau suatu analisis tentang tindakan manusia yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang diprediksikan dan yang harus terjadi di masa yang akan datang..

Corak Ideologi

Adapun corak dari ideologi menurut Edward Shils antara lain terdiri dari:

Ø Nilai-nilai dan pandangan-pandangan tentang masalah-masalah yang dianggap pokok, yang biasanya diuraikan atau dirumuskan secara jelas.

Ø Uraian tersebut biasaya berkisar pada sesuatu atau beberapa nilai-nilai dasar (pre-eminent values) seperti keselamatan abadi, kemakmuran material, demokrasi, keadilan dan sebagainya.

Ø Nilai-nilai tersebut biasanya menentang perubahan dan memperlekatkan diri dengan masa lampau untuk diakarkan pada masa kini.

Ø Umumnya nilai-nilai tersebut dijabarkan oleh penguasa, yang berkepentingan atas ideologi tersebut.

Ø Ideologi tersebut menuntut ketaatan dari rakyat atau pengikat, serta berusaha memelihara konsensus dan sangat peka terhadap penyimpangan.

Ø Penghayatan masyarakat terhadap nilai-nilai diatas biasanya, diresapi secara emosional.

Berkaitan dengan hakekat isi dan corak ideologi dalam kehidupan masyarakat, keberadaan idiologi disatu pihak membuat masyarakat semakin realistis dan pihak yang lain mendorong masyarakat mendekati bentuk yang ideal. Oleh sebab itu, keberadaan idologi mencerminkan cara berpikir masyarakat, bangsa maupun negara, namun juga membentuk masyarakat menuju cita-citanya.

Ideologi Pancasila

Pancasila dijadikan ideologi dikerenakan, Pancasila memiliki nilai-nilai falsafah dan pancasila telah teruji kokoh dan kuat sebagai dasar negara. Pancasila juga merupakan wujud dari konsensus nasional karena negara bangsa Indonesia ini adalah sebuah desain negara modern yang disepakati oleh para pendiri negara Republik Indonesia. Pancasila juga memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional. adalah cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmur. Pancasila juga memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional. adalah cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya, yaitu masyarakat yang adil dan makmu

Pancasila sebagai idiologi terbuka bukan berarti mengubah nilai-nilai dasar yang terkandung didalamnya, namun mengeksplisitkan wawasannya lebih kongkrit, sehingga memiliki kemampuan yang reformatif untuk memecahkan masalah-masalah aktual yang senentiasa berkambang seiring dengan aspirasi rakyat, perkembangan iptek dan zaman.


Responses

  1. Menyapa sahabatku (Saniffa) yang belum pernah kujumpa dalam nyata hanya lewat maya, namun hati kita serasa bersama, kicau burung pagi singsing mentari mulai bersinar, mengikis embun beranjak hari, ku hadir membuka layar mengetikan kata buat sahabat tercinta ingin kuucapkan sepatah kata ” kaulah sahabatku” Tuhanku Yang Maha Kuasa, berikanlah pada sahabatku nun jauh disana kebahagiaan dan kedamaian serta taburkanlah cinta pada dirinya beserta keluarganya, semoga harapan dan Doa menjadikan kita lebih bersaudara.

    Salam Kedamaian- Penuh Kebahagiaan- Dengan Cinta

    Ruang Hati.com
    ==========
    Selamat Berakhir Pekan, Have a nice weeekend

    • Assalamu’alaikum Wr. Wb.
      Selama hati ini masih memiliki ruang, maka tak ada yang paling utama bagiku, kecuali mengisinya dengan rasa cinta yang setulus-tulusnya kepada saudaraku ruang hati. Semoga hati kita tetap istiqomah mengisi ruang hati kita dengan cinta dan benci karena-Nya, agar ruang hati ini tak menjadi hati beruang.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: